Selamat datang di New World, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.20jones.blogspot.com | Apabila ada artikel yang tidak layak harap komen di blog ini atau bisa Mention lewat Twitter saya | Terima Kasih telah berkunjung

Senin, 21 Mei 2012

Apa prospek kerja dari fakultas atau Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika (JIKE) UGM?

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta membuka program studi baru Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika yang merupakan penggabungan dua program S-1 dan satu program S-2/S-3.

"Program studi yang digabungkan adalah Ilmu Komputer S-1 dan S-2/S-3 yang semula berada di bawah Jurusan Matematika, serta Elektronika dan Instrumentasi S-1 yang semula berada di bawah Jurusan Fisika," kata Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM Chairil Anwar, di Yogyakarta, Selasa (5/10).

Menurut dia, terbentuknya jurusan baru itu melalui perjalanan cukup panjang, dimulai sejak pengajuan proposal pembentukan Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika (JIKE) pada 2006. "Alasan pembentukan jurusan baru itu sesungguhnya telah lama muncul di kalangan dosen dan mahasiswa Ilmu Komputer serta Elektronika dan Instrumentasi, baik jenjang diploma, S-1, S-2, maupun S-3," katanya.

Ia mengatakan meskipun secara formal para dosen berada di dua jurusan yang berbeda, yakni Matematika dan Fisika, pada kenyataannya mereka telah menempuh jenjang pendidikan di bidang yang sama, yaitu komputer dan elektronika. Mereka juga telah menjalin kerja sama dalam pengajaran dan penelitian, dan sebagai pengampu mata kuliah kuliah di kedua program studi tersebut.

Hal itu bisa dilihat saat penyusunan kurikulum, penentuan dosen pengampu mata kuliah, dan penentuan dosen pembimbing tugas akhir. "Tugas-tugas tersebut selalu melibatkan para dosen di kedua program studi tersebut, sehingga kerja sama yang sesungguhnya telah terbangun sejak lama," katanya.

Menurut dia, substansi ilmu yang diberikan di Ilmu Komputer serta Elektronika dan Intrumentasi masih dalam satu rumpun ilmu. Dengan menjadi jurusan baru, diharapkan semakin dikenal secara nasional dan internasional. "Dengan demikian, jika ada kerja sama pendidikan atau penelitian dan kegiatan lainnya, mungkin menjadi lebih mantap jika jurusannya Ilmu Komputer dan Elektronika," katanya. "


menurut berita diatas, dan juga undangan teman saya yang diundang oleh pihak UGM, telah lahir jurusan baru itu, namun apa sih prospek kerja mereka ? kalau wisuda lalu kita mau bekerja menjadi apa dan udah mendapat prestasi dari perusahaan mana saja?

terima kasih ya semua mau sedikit meluangkan waktu untuk membaca ini, semoga bermanfaa bagi saya dan yang membutuhkan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar