Selamat datang di New World, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.20jones.blogspot.com | Apabila ada artikel yang tidak layak harap komen di blog ini atau bisa Mention lewat Twitter saya | Terima Kasih telah berkunjung

Minggu, 28 April 2013

LIPI KARANGSAMBUNG sebagai Perkembangan RISET Dan Pariwisata


Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung , merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Bernaung di bawah Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian. Balai informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung berada di dalam Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung, tepatnya di wilayah Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, lebih kurang 19 km utara kota Kebumen.
Secara spesifik Balai informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung bertugas untuk Melaksanakan pelayanan jasa dan informasi, melaksanakan konservasi, pengembangan dan pemanfaatan wilayah yang mengandung fenomena geologi bernilai ilmiah serta pengembangan hasil riset bidang geoteknologi. 

 

Selain sebagai RISET disana juga sebagai tempat pariwisata, karena pemandangannya yang indah dan hawa yang masih sejuk. Para ahli juga banyak yang ber argumen bahwa hampir semua batuan yang ada di dunia ada di LIPI ini, tepatnya di Desa Karangsambung.
Contoh Batuan yang ada di Karangsambung:

Ini adalah denah batuan yang ada di LIPI:
Beberapa Batuan Yang ada di Karangsambung 
@ Gunung Parang
Di gunung ini, dapat diamati bentuk kekar kolom seperti yang terdapat pada Devil’s Tower di Wyoming, Amerika Serikat. Gunung yang tersusun dari batuan beku Diabas ini merupakan intrusi konkordan berupa sill yang menerobos Fm. Karangsambung dan Fm. Totogan.
@Gunung Sipako

Di sini terdapat singkapan filit berwarna hitam pada dinding sungai yang terjal. Batuan ini terbentuk selama proses penunjaman serta merupakan batuan metamorf berderajat rendah. Proses tektonik dan deformasi lebih lanjut berupa patahan geser searah aliran sungai, membentuk lipatan-lipatan kecil serta struktur gores garis pada batuan filit. 

dan masih banyak yang lainya, saya tidak mungkin menjelaskan satu persatu, lebih baik anda berkunjung saja di Desa Karangsambung.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar