Selamat datang di New World, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.20jones.blogspot.com | Apabila ada artikel yang tidak layak harap komen di blog ini atau bisa Mention lewat Twitter saya | Terima Kasih telah berkunjung

Kamis, 15 Maret 2012

Mari membahas GRAPHIC NOVEL aka NOVEL GRAFIS

Mari membahas GRAPHIC NOVEL aka NOVEL GRAFIS

Apa itu Graphic Novel aka Novel Grafis (supaya lebih gampang selanjutnya gw sebut dg “gravel” saja) ??

Bila kita mencoba mencari sendiri di internet maka akan muncul begitu banyak arti. Tapi dari sekian banyak arti yg muncul gw melihat paling tidak ada 1-2 kriteria yang muncul secara berulang, salah satunya adalah “komik dengan format yang panjang”.

“Jadi Gravel adalah komik??” –Menurut gw, ya, tentu saja...

“Tanpa perbedaan??” –Umm... sulit menjawabnya dengan tepat, tapi menurut gw tetap ada perbedaan. Mungkin bisa dibilang istilah komik mencakup area yg terlalu luas. Perlu adanya area khusus utk komik2 tertentu yang memiliki bobot berbeda dalam alur cerita dibanding komik kebanyakan. Contoh gampangnya seperti ini, apakah komik Donal Bebek dapat disamakan dengan (misalnya) komik 300??

Gw yakin orang yg paling awam dengan komik pun akan jelas menyatakan bahwa keduanya berbeda... Tapi bagaimana menggariskan secara jelas perbedaan keduanya ?? Dari jenis cerita ?? Lebih serius atau lebih enteng gitu ?? Susah juga jawabnya, gan...
Jadi sementara kita tinggalkan saja tetek-bengek klarifikasi arti dalam tata-bahasa ini, yang jelas kita tahu suatu komik itu dimasukan sebagai Gravel atau tidak dari label/ sticker-nya

Contoh Gravel bersticker:

Nanti kalau sudah ada pencerahan yg lebih tegas barulah masalah ini kita sambung lagi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar